Pages

11 December, 2007

Menyimpan Koleksi Buku Yang Hemat Tempat

Jangan buyarkan impian mengoleksi buku jika rumah Anda termasuk kategori mini. Asalkan anda pintar mengakali keterbatasan ruang, buku-buku ini tak akan membuat rumah Anda terasa penuh.

Mengoleksi buku merupakan hal yang sangat positif. Akan sangat disayangkan jika hobi ini tak jadi terwujud hanya karena alasan tidak ada tempat menyimpan. Memang semakin lama, koleksi buku akan terus bertambah. Dan buku-buku itu mau tdak mau harus disimpan secara khusus, kalau tidak mau dibiarkan menumpuk berantakan.




Di rumah mungil, ruang untuk penyimpanan buku secara khusus itu sangat susah didapat. Membuat ruang khusus seperti perpustakaan, rasanya sudah tak mungkin. Bahkan, menambah satu lemari buku saja rasanya juga tidak ada tempat.

Cara lain? Coba cari sudut-sudut tak terpakai di rumah Anda. Area ini bisa disulap jadi tempat penyimpanan buku. Cara lain, bisa Anda simak berikut, agar koleksi buku Anda tetap tersimpan rapi tanpa menjadikan rumah penuh terisi.




Jadi hiasan

Banyak orang berusaha menyembunyikan rak buku, bahkan ada yang tega menyimpannya di gudang. Padahal, bila dibuatkan rak yang cantik, buku-buku ini bisa menjadi penghias rumah yang unik, menggantikan lukisan dan pajangan dinding lainnya.


Sekat antar ruang


Rak buku juga bisa menjadi semacam sekat antar ruang. Pada rumah-rumah berukuran kecil, biasanya antara ruang tamu dengan ruang keluarga dipisahkan oleh sekat. Nah, gunakan saja rak buku sebagai sekatnya.




Memanfaatkan ruang

Pintar-pintarlah mencari-cari celah dalam rumah. Ruang bawah tangga, garasi yang tidak terpakai, dinding bagian ats, salah satu sudut ruang keluarga, adalah beberapa contoh area yang bisa Anda manfaatkan untuk meletakkan rak buku.




Membuat mezanin

Mezanin adalah salah satu cara Anda mendapatkan ruang tambahan tanpa perlu melakukan perubahan struktur. Mezanin ini bisa dibuat dengan memanfaatkan ruang bawah atap (attic). Ruang tambahan ini bisa Anda gunakan untuk meletakkan rak buku secara berjajar. Kalau cukup luas, mezanin ini bisa menjadi ruang kerja atau ruang baca.


Rak gantung


Yang dimaksud dengan rak gantung adalah rak yang menempel pada dinding, bukan rak yang punya kaki. Rak seperti ini terlihat lebih ringan, tidak membuat ruang penuh, dank arena tidak punya kaki, bagian bawahnya bisa digunakan untuk meletakkan perabot lain, misalnya saja sofa atau meja.




Rak tanam

Kalau ingin ruangan terkesan rapi dan bersih, rak tanam bisa jadi pilihan yang pas. Karena rak masuk ke dalam dinding, luas ruangan tidak berkurang. Sebelum emmbuat rak tanam, pikirkan dulu buku apa yang akan dimuat di situ. Ini karena rak tanam sifatnya permanent sehingga sulit diubah-ubah ukurannya.


Tag : Aksesoris rumah, perabot, rak buku, tips rumah minimalis, tips rumah kecil, menyimpan koleksi buku, memanfaatkan ruang dirumah minimalis

(Source : Dari BerbagaiSumber)








12 comments:

an diana said...

kebetulan aku gila baca dan banyak buku yang berserakan dan berdebu. thanks buat idenya nih!

maklum, rumah sempit tapi penuh buku kayak perpustakaan.hehehehe

Architectaria -feat- A M A said...

Semoga artikelnya bisa membantu mbak :)

andiana said...

banget!!! tapi kira2 kalo rak buku dari kayu, bagusnya kayu apa ya? soalnya daerah rumahku itu rayapnya ganas2!! hehehe

n said...

raknya barusan jadi tadi.. hehehe..skalian bwt naru tipi, kotak2 sepatu, tas, dll. bukan cuman buku aja.
beli2 rangka n kayunya abis 80rebu.

lumayan deh

Architectaria -feat- A M A said...

@ Mbak diana : Klo udah ngomong rayap kayu apa aja lewat dah :) Klo yg agak mending mungkin balok+papan dri kayu bengkirai...hahaha, tp berat.. Klo yg ringan kayu kapur, klo yg agak exotic yah kayu jati :). Tp semua kembali ke budget, semoga budget jd variabel yg membuat kita menjadi lebih bijaksana :)

Architectaria -feat- A M A said...

@ N (mas atau mbak yah?) : Hehehehe, emank rak dimaksudkan agar semua "gear" kita bisa lebih simple dalam penataannya.. agar semua dapat di kumpulkan sehingga jika akan dipergunakan, kita sudah tau dimana harus mengambilnya.. So keep it simple stupid..Yang penting fungsinya dapet n estetika bentuk rak nya jg dapet, n yang penting gak memberatkan kantung kita :)

Architectaria -feat- A M A said...

Mungkin dalam beberapa hari kedepan saya akan memasang pic-pic/gambar koleksi furniture modern, bisa dipadukan dengan rumah modern, minimalis.. Tp sabar yah..soalnya saya sudah janji membuat pricelist barang home interior n exterior accesories di web saya http://www.buildingmaterial.architectaria.com untuk dibuatkan cd katalognya, semoga ada order dalam jumlah yang "cukup".. Mohon bantuan do'anya ..Trims :)

andiana said...

jati..jati..ya..ya..aku ada bufet jati dan awet ampe sekarang (usianya lebih dari usiaku..hehehe)...

kalo rotan gimana? aku ada rak buku rotan tapi kok kaki2nya udah mulai lapuk ya? padahal gak pernah kebanjiran tuh...(mang rotan bisa lapuk?)

-romanpicisan-

Architectaria -feat- A M A said...

Rotan? Gak semua bentuk furniture cocok pakai rotan..Misalnya rak buku , saya pribadi melihat gak terlalu cocok pakai rotan. Kalau rotan mungkin rada awet..klo ampe lapukan juga berarti rayap nya keganjenan tuh.. :)

andiana said...

nah, brubung rumahku sangat sesak sempit sekali (tuh!), aplikasi dengan cara nempel di dinding / tanam? sepertinya oke. tapiiii....lagi2 soal rayap dan kelembaban..gimana dong?

-romanpicisan-

Architectaria -feat- A M A said...

Kalo soal rayap pada rak kayaknya gak perlu terlalu khawatir. Jika rak kompak dimaksudkan untuk mengakomodasi buku, komputer kerja berati disekitar rak itu akan banyak terjadi aktifitas. Dan jika banyak aktifitas, paling nggak didaerah tsb lebih sering dilihat dan dibersihkan.. Nah rayap mungkin malu ama tempat2/area yg rada bersih..So, just do it! Biarkan rayapnya diisolasi didaerah gudang atau tempat yg rada2 unclean. Klo soal kelembaban mungkin berpengaruh tapi gak terlalu memberi efek buruk.Kecuali mbak diana memiliki banyak koleksi lensa-lensa kamera SLR/DSLR yang sangat gampang berjamur akibat terlalu sensitif terhadap suhu/kondisi udara yg lembab.. Demikian, semoga dapat sedikit membantu :)

andiana said...

yap, tq ya..udah mau kasih saran...sorry kalo bawel..hehehe

-romanpicisan-