Pages

11 February, 2008

Memilih Warna dan Dekorasi Untuk Ruang Dirumah Anda

Jika rumah anda berukuran kecil/mungil, ada baiknya anda memilih warna cat yang berwarna cerah atau terang. Karena warna-warna yang terang akan memberikan kesan bersih, lapang dan luas. Tatapi yang harus diingat adalah, penekanan untuk menggunakan warna terang ini baiknya diberlakukan pada ruang-ruang publik yang secara fungsional dperuntukkan untuk sesuatu yang umum, seperti ruang tamu, ruang keluarga, dsb.

Setiap rumah tinggal membutuhkan sentuhan keakraban dan kehangatan yang amat tinggi, karena ditempat tersebut akan terjadi interaksi sosial, hubungan keluarga yang penuh keakraban dan kehangatan di antara penghuninya.


Yang disebut dengan ruang-ruang bersifat umum pada sebuah bangunan biasanya adalah ruang-ruang dengan aktivitas pemakai ruang yang bersifat rutin dan pasti. Pemakai ruangnya pun bersifat tetap (menurut tugas dan fungsinya), sehingga fasilitas yang dibutuhkan akan bersifat standar baik ukuran maupun bentuknya seperti sekolah, rumah saki, dan lain-lain yang sejenis. Juga agar praktis dan ekonomis.


Bayangkan bila rumah tinggal diperlakukan sama seperti kita memperlakukan ruang-ruang yang bersifat umum tadi. Semua dinding dicat dengan warna yang sama (misalnya putih), semua perabotan terbuat dari metal atau plastik agar mudah dibersihkan, tahan cuaca, tahan panas dan tidak gampang rusak. Kok seperti berada di sebuah rumah sakit ya? Ingin praktis, ekonomis, efektif tapi tidak manusiawi.

Nah, karena rumah tinggal adalah tempat para penghuninya melepas segala kepenatan fisik, pikiran dan emosi maka tentunya hal-hal yang akan berpengaruh kepada kepenatan-kepenatan tersebut di atas harus ditiadakan dong.


Biasanya bentuk-bentuk perabotan yang terlalu kaku, keras dan monoton akan membuat ruang-ruang dalam rumah tinggal menjadi berkesan kaku. Jadi sebaiknya jangan ditempatkan di dalam rumah (kecuali memang ingin memiliki rumah dengan ruang-ruang yang mencerminkan arogansi dan menjaga jarak dengan tamunya). Pilih saja bentuk-bentuk yang materialnya terbuat dari bahan-bahan alam (kayu, batu, kain, dsb). Apalagi sekarang kursi-kursi di ruang tamu atau ruang keluarga bentuknya tidak perlu sama, bisa beberapa bentuk dan material dipilih dan ditempatkan di ruang tamu, asal tetap ada unsur-unsur pemersatu yang membuat tetap harmonis/serasi dengan keseluruhan ruang.

Kembali lagi ke soal memilih warna, boleh-boleh saja memilih warna putih untuk memberikan kesan luas, terang, dan bersih, namun beberapa sentuhan yang sifatnya lebih manusiawi tampaknya akan membuat penampilan ruang lebih akrab dan menyentuh. Misalnya pemilihan warna untuk pelapis kursi, bantal-bantal hias, tirai, taplak penutup meja, armature lampu, karpet atau pelapis lantai, dan lain-lain.


Sementara untuk ruang-ruang yang privat, anda dapat bereksperimen dengan warna-warna yang anda sukai. Contohnya, anda tidak bisa memaksakan untuk mewarnai kamar anda ataupun putra/putri anda dengan warna yg terang, karena belum tentu mereka menyukainya. Pilihlah warna yang mereka sukai, tetapi anda juga harus jeli untuk tidak menggunakan warna-warna yg “teduh” seperti warna ungu karena akan membuat kemauan mereka untuk belajar menjadi berkurang.



Selanjutnya dalam hal memilih aksesoris pelengkap kamar, pilihlah aksesoris yang anda dan atau putra/putri anda sukai tapi tidak membahayakan keselamatan anda dan mereka, misalnya motif-motif yang sederhana tapi menarik, seperti bunga, geometris dengan pola motif yang ukurannya kecil saja. Hindari memilih furniture dengan sudut-sudut yang tajam, dsb.

Untuk artikel-artikel lain tentang menata rumah mungil, memperindah ruangan dengan denkorasi dinding, dsb dapat anda searching pada halam website ini.

Selamat mendekorasi rumah dan kamar anda..

--------------------------------------------------------

Tambahan: Silahkan mengunjungi web/blog ini (free layout) jika anda butuh dan ingin melihat/menggunakan desain-desain layout rumah yang gratis. Tp untuk sekarang belum bisa di download gambar desain/layoutnya, karena belum ketemu penyedia yg cocok.. Mungkin akhir minggu ini sudah bisa di download. Terima kasih untuk atensinya..



4 comments:

Onebucks said...

Hi. Penerangan mengenai hiasan dalaman di dalam blog awak cukup memikat hati saya. saya telah bookmark blog awak kerana banyak info yang berguna di dalam. Selamat maju jaya untuk blog awak.

Shireishou said...

Wah ide bagus nih. Soalnya lg mikir2 mau buat rumah kayak apa
Btw layoutnya sama persis ama blogku. Ahahahah IL Crimo

Onebucks said...

Hi there bro. Just read your reply just now and I immediately tried to reply it. Well, I really hope the info in my blog is useful to you. You can come to me anytime you like. You can also email me at manokseksi@yahoo.com. Early next month, I'm planning of posting my internet income on this blog as this blog has finally had the opportunity to earn some money from blogging. Will update on that later. Anyway, hope we can keep in touch.

Aria said...

@Shireishou: Iyah, Biarunya keren. Saya juga pake themes ini di architectaria.com.. btw, Lam kenal yawh *Jabat Tangan* :)

@Onebucks: Nice idea bro, possibly i have to try make money from blog too. Sure we have to keep in touch, cause i will learn many more from you :)